logo
Cara Kerja Cermin Satu Arah pada Ruang Interogasi

Cara Kerja Cermin Satu Arah pada Ruang Interogasi

Hampir di setiap film action thriller yang memiliki peran sebagai polisi atau petugas BIN, Anda akan melihat seorang penjahat yang sedang di interogasi di sebuah ruangan, dan sejumlah petugas lain mengamatinya dengan cermat dari ruangan lain melalui cermin satu arah atau juga bisa disebut cermin dua arah. Penjahat tidak dapat melihat polisi atau petugas BIN, tetapi mereka dapat melihat pelaku dengan sangat jelas. Jadi, bagaimana cara kerja cermin yang bisa memantul pada satu sisi namun tetap tembus pandang pada sisi yang lain?

Cermin Biasa Vs Cermin Satu Arah
Cermin merupakan permukaan yang halus yang mampu memantulkan hampir semua cahaya yang menyinari cermin. Secara tradisional, cermin tebuat dari kaca bening yang memilki lapisan perak, aluminium, atau timah di salah satu sisinya. Proses ini disebut silvering. Ini memastikan bahwa semua cahaya dipantulkan ke depan ke orang yang berdiri di depan cermin.

Pada cermin satu arah, lapisan reflektif dibuat sangat tipis, dibandingkan dengan cermin biasa. Lapisannya sangat tipis sehingga hanya setengah dari cahaya yang dipantulkan kembali ke orang yang berdiri di depannya, sisanya orang lain akan melihat dari sisi yang lain.

Pentingnya Pencahayaan
Cermin satu arah sesungguhnya tidak ada, karena akan melanggar hukum fisika. Pencahayaan memiliki peran yang sangat penting agar cermin satu arah berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, agar cermin satu arah berfungsi dengan baik, sisi pengamat yang kaca tampak seperti jendela harus tetap gelap, sehingga sangat sedikit cahaya yang diteruskan melalui kaca ke dalam ruang interogasi. Ruangan lain diterangi cahaya dengan terang, yang memastikan ada banyak cahaya yang dipantulkan dari permukaan kaca, sehingga terlihat seperti cermin biasa bagi orang yang berdiri di depannya.

Jika pencahayaan di kedua ruangan sama, kaca akan berfungsi seperti jendela berwarna, dan orang di kedua ruangan yang berbeda akan dapat melihat satu sama lain.

Itulah sebabnya pada film-film, Anda akan selalu melihat polisi yang sedang menginterogasi berada di ruang gelap mengamati ‘pelaku’ melalui cermin satu arah, sedangkan orang jahat atau si pelaku berada di rungan yang terang dan hanya dapat melihat pantulan dirinya sendiri di cermin.

Jadi, sudah paham kan bagaimana cara kerja cermin satu arah pada ruang interogasi. Kaca cermin satu arah ini juga bisa digunakan untuk ruangan yang memiliki privasi. Untuk bertanya-tanya mengenai kaca, Anda bisa menghubungi Diamond Glass team pada tombol whats app yang ada di pojok kanan bawah pada website.

Follow our instagram :
@diamondglass.id
@diamondotomotif

Source : https://www.scienceabc.com/humans/science-behind-one-way-mirror-secret-weapon-cops-use-against-criminals.html

Article Cara Kerja Cermin Satu Arah pada Ruang Interogasi
Reviews System WIDGET PACK
ALAMAT
PT. Diamond Diaci Anugrah Jaya
Safety Glass Processor
Industrial Estate MM2100, Cibitung
Jl. Jawa H-7 No.2 Bekasi, District
West java – 17520
SURABAYA BRANCH
PT. Mobaru Diamond
Safety Glass Processor
Jl. Kesatrian No.18, Sidokerto
Buduran, Sidoarjo District
East Java – 61252
+6231 8929984/5/6
Other Information ISO & SNI 1 iso
Other Information ISO & SNI 2 download
© Copyright 2020 PT. Diamond Diaci Anugrah Jaya. All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT
Switch to Desktop Version